Inilah 4 Mata Pelajaran Yang Paling Ditakuti Pelajar Indonesia


Seperti yang kita ketahui bahwa para pelajar selalu dihadapkan dengan berbagai mata pelajaran. Mungkin 3 tahun yang lalu, hanya bahasa inggris yang kamu pelajari. Tetapi sekarang bahasa jerman, bahasa prancis, dan bahasa lainnya pun juga harus kamu pelajari. Bukan hanya pelajaran bahasa yang ditambah, pelajaran-pelajaran eksak pun semakin tinggi kesulitannya setiap tahun. Berikut ini adalah 4 mata pelajaran yang paling kamu takuti sebagai pelajar Indonesia.

1. Matematika (Mathematics)


Waduh, denger namanya aja bagaikan dengar suara hantu. Langsung bikin merinding ya ? Ya, itulah namanya Matematika. Banyak sekali pelajar yang dibuat pusing 7 keliling oleh pelajaran yang satu ini. Mengapa tidak ? Bayangkan saja, hampir semua yang dipelajari di matematika adalah angka.

Matematika mengajarkan kita untuk dapat memahami hitungan. Maka dari itu matematika sering kita sebut sebagai ilmu pasti. Kita dituntut untuk memahami maksud angka tersebut lalu mengolah angka itu agar mendapat suatu hasil yang pasti.

Lalu, mengapa banyak pelajar menganggap matematika itu sulit ? Alasan yang pertama, karena mungkin pelajar tersebut tidak memiliki bakat dalam mengolah angka. Alasan yang kedua, karena pelajar tersebut tidak mengikuti pelajaran matematika dengan baik.

Misalnya, seorang pelajar SD merasa kebingungan dengan materi perkalian. Lalu ia pun merasa putus asa dan tidak mau mempelajari perkalian. Waktu terus berjalan, pelajar SD tersebut tidak dapat menguasai materi-materi selanjutnya karena ia masih belum belajar perkalian. Hal ini berlanjut sampai ia duduk di bangku SMA. Sewaktu SMA pun ia tidak tahu bagaimana menghitung perkalian. Akhirnya dia mengatakan bahwa dia sangat takut dengan pelajaran matematika.

Peristiwa tersebut membuktikan bahwa pelajar tersebut bukanlah tidak pandai menghitung. Dia hanya terlambat untuk mempelajari materi dasar matematika. Jadi kesimpulannya adalah kamu harus mengulang lagi pelajaran matematika dari dasar hingga ke tingkat kamu saat ini. Selama waktu masih ada, maka kamu belum dikatakan terlambat.

2. Biologi (Biology)


Inilah dia pelajaran yang paling ditakuti sama pelajar yang males ngehapal. Biologi merupakan cabang ilmu pengetahuan alam yang cakupannya sangat luas. Bahkan karena begitu luas cakupannya, buku tulis isi 100 lembar pun tidak akan cukup untuk membahas secara detail tentang lalat.

Aduh, lalat aja banyak yang mau dihapal, gimana lagi kalau 5 kingdom itu dihapal ? Kalau bagi pelajar yang memang tertarik dengan dunia biologi, pasti mereka sangat menikmati. Bahkan kalau ditanya, ternyata mereka tidak menghapal. Mereka hanya perlu memahaminya.

Mengapa Biologi itu termasuk dalam hal yang paling ditakuti ? Kalau kamu malas ngehapal, udah pasti pas ujian hanya bisa pasrah. Kalau nilai merah, bakalan nyambung deh ke rumah. Udah tau kan apa yang bakal terjadi ? Ya, piring beterbangan, sapu mulai menyerang, dan eminem pun mulai nge-rap. Itulah sebabnya mengapa biologi sangat menakutkan.

3. Kimia (Chemistry)


Kimia. Kalau dari namanya dan foto diatas, pasti yang ada di pikiranmu sekarang adalah zat, atom, senyawa, molekul, dll. Kimia merupakan suatu mata pelajaran yang mempelajari tentang perubahan suatu zat, komposisi suatu zat, dan penggabungan zat-zat yang ada di bumi. Disini kamu dituntut bagaimana memahami suatu reaksi kimia.

Banyak istilah-istilah aneh dalam pelajaran ini. Contohnya seperti nama-nama senyawa, unsur, molekul, dll. Biasanya, pelajar yang menyukai pelajaran ini memiliki jiwa-jiwa scientist. Mungkin mereka sangat tertarik untuk mencampur-campur larutan seperti yang ada di televisi.

Mengapa kimia masuk dalam kategori pelajaran yang ditakuti ? Menghapal dan menghitung pasti jadi alasan yang paling banyak digunakan oleh para pelajar. Mereka terkadang bingung di suatu materi namun guru tidak mau tau dan terus melanjutkannya. Akhirnya, pelajar tersebut semakin ga ngerti dan semakin pusing dengan pelajaran kimia. Pelajar tersebut pun gagal dalam ujian dan dapat nilai merah. Udah taulah apa yang terjadi ? Ya, eminem (ur mom) mulai nge-rap lagi, tapi kali ini dia duet sama DJ Snake (ur dad).

4. Bahasa-Bahasa Asing


Zaman semakin berkembang. Para pelajar dituntut untuk dapat menguasai segala macam bahasa yang ada di dunia ini. Padahal kenyataannya, nilai Ujian Nasional mapel bahasa Indonesia aja masih pas-pasan. Memang tidak semua pelajar memiliki kemampuan yang rendah di bidang bahasa asing. Bagi mereka yang sangat tertarik dengan bahasa, pasti mereka dapat lebih cepat dalam memahami suatu bahasa asing.

Banyak yang bilang kalau mau pandai ngomong bahasa asing, ya harus ambil kursus. Ada betulnya juga sih, tapi belajar otodidak juga ga menutup kemungkinan kalau kamu bisa menguasai bahasa asing. Kebanyakan pelajar takut dengan pelajaran bahasa asing karena memang pelajaran ini harus benar-benar memahami dan gabisa hanya dihapal satu malam saja. Itulah mengapa pelajaran ini menakutkan bagi para pelajar.

Kesimpulan

Sebenarnya, yang ditakuti pelajar bukanlah saat dia tidak bisa menguasai pelajaran tersebut. Tetapi, pelajar takut apabila nilainya rendah atau bahkan nilai nol. Intinya kamu harus menguasai minimal 1 dari 4 mata pelajaran diatas. Mengapa harus menguasai satu dari keempat mapel diatas ? Apabila kamu berhasil menguasai satu mapel saja, eminem (ur mom) mungkin ga bakalan nge-rap seminggu penuh. Hehehe, hanya bercanda. Terimakasih sudah berkunjung, sampai jumpa..

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah 4 Mata Pelajaran Yang Paling Ditakuti Pelajar Indonesia"

Posting Komentar