3 Hal Penting Penentu Keberhasilan Kamu di Bangku Perkuliahan


Seperti yang kita ketahui bahwa Indonesia memiliki jumlah penduduk yang sangat besar. Pernyataan tersebut juga tidak menutup kemungkinan bahwa Indonesia juga memiliki jumlah mahasiswa yang cukup besar. Pada tahun 2014, Indonesia memiliki 53 perguruan tinggi, 341.315 mahasiswa (negeri). Pada tahun 2015, jumlah perguruan tinggi negeri di Indonesia bertambah menjadi 55 dan jumlah mahasiswa yang duduk di PTN semakin bertambah yaitu 391.344 (Sumber : Kementerian Agama).

Ternyata, Indonesia memiliki generasi muda yang sangat banyak dan setiap tahunnya semakin bertambah. Coba bayangkan apabila 70% dari jumlah mahasiswa di Indonesia memiliki kualitas pendidikan yang hampir sama dengan mahasiswa dari luar negeri. Pasti, Indonesia menjadi negara maju yang dapat bersaing dengan Amerika Serikat, Inggris, Jerman, dll.

Namun, permasalahan yang ada sekarang yaitu banyak mahasiswa yang tidak dapat menuntaskan perkuliahannya. Permasalahan ini dapat disebabkan karena banyak hal, misalnya alasan perekonomian, pergaulan yang salah, kalah bersaing, dll.

Nah, pasti kamu tidak ingin gagal bukan ? Ya, semua orang tidak ada yang ingin merasakan kegagalan. Untuk itu, Smart Rabbitz akan membahas 3 Hal Penting Penentu Keberhasilan Kamu di Bangku Perkuliahan. Berikut uraiannya.

1. Pandai Dalam Melihat Setiap Peluang yang Ada


Saat kamu berada di bangku perkuliahan, maka semuanya akan sangat berbeda. Kamu bukan lagi disebut sebagai siswa melainkan mahasiswa. Siswa hanya mempelajari sesuatu yang diberikan oleh gurunya, namun mahasiswa sangat berbeda. Mahasiswa mempelajari segala hal yang dapat dipelajari tanpa menunggu perintah dari guru/dosen.

Indonesia memiliki kurang lebih 70 perguruan tinggi swasta dan negeri. Jadi, kamu sebagai mahasiswa harus dapat bersaing dengan mahasiswa dari perguruan tinggi lainnya. Banyak sekali kesempatan dan peluang yang datang kepadamu. Maka dari itu kamu harus tahu bagaimana memanfaatkan peluang itu sebaik mungkin.

Waktu juga merupakan hal yang sangat penting. Kamu dituntut agar bisa mengatur waktumu sebaik mungkin. Apabila kamu dapat mengatur waktumu dengan baik, maka kamu akan tenang dan tidak terlihat seperti orang yang kebakaran janggut.

2. Berkomunikasi Dengan Dosen Itu Penting


Pasti kamu tahu bahwa dosenlah yang menentukan kamu lulus atau tidak. Maka dari itu, sangat penting untuk berkomunikasi dengan dosen. Kamu harus berpikir bagaimana agar dosen dapat mengenalimu dengan baik. Saat dosen sudah mengenal kepribadianmu, maka selanjutnya ia akan mencari tahu bagaimana kemampuanmu di bidang akademik. Kamu harus membuktikan bahwa dirimu layak untuk mendapat nilai yang tinggi.

Pernahkah kamu mendengar julukan asistem dosen ? Ya, itu adalah sebutan untuk mahasiswa yang dipercaya oleh dosen untuk menggantikan posisinya. Asisten dosen tidak dipilih secara acak, melainkan dosen itu sendiri yang memilih. Kesempatan inilah yang harus kamu manfaatkan dengan sangat baik. Seorang asisten dosen harus memiliki kepribadian yang baik, kemampuan intelektual yang tinggi, dan keterampilan yang sangat baik.

Tapi kamu jangan merasa kurang percaya diri. Setiap orang bisa melakukan setiap hal (Everyone can do everything). Kamu hanya harus memulainya dengan komunikasi.

3. Berinteraksi Dengan Teman-Teman Kuliah Dalam Hal Positif


Pernahkah kamu menganggap bahwa teman itu adalah orang yang bodoh karena tidak bisa membantu tugas-tugasmu ? Pasti jawabannya pernah. "Manusia Bodoh" adalah 2 kata yang sangat tidak masuk akal. Mengapa ? Sebab, Tuhan tidak pernah menciptakan manusia yang bodoh. Semua manusia itu pintar karena manusia memiliki pikiran.

Setiap manusia pasti punya bidang yang dikuasainya. Coba tanya kepada dirimu sendiri, "Apakah aku bisa melakukan segalanya ?" Tentu tidak. Kamu ditakdirkan untuk bekerja sama dengan orang lain. Tujuannya agar kamu dan orang-orang yang ada di sekitarmu dapat saling melengkapi dan dapat saling menyempurnakan.

Jadi, jangan beranggapan bahwa teman itu adalah orang yang bodoh karena tidak dapat membantu tugas-tugasmu. Kamulah yang bertanya kepada orang yang tidak tepat. Oleh sebab itu, bekerja samalah dengan semua orang-orang di sekitarmu, sebab merekalah yang dapat membantumu menuju kesempurnaan.

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "3 Hal Penting Penentu Keberhasilan Kamu di Bangku Perkuliahan"

Posting Komentar