Inilah Tips Paling Ampuh Tentang Cara Memotivasi Diri Kamu Untuk Mulai Menulis

 

Mengapa kamu harus menulis ?

Hidup yang kamu jalani saat ini sama seperti ombak di laut. 
Terkadang ombak itu akan tenang dan terkadang ombak itu akan berguncang. Hidupmu juga seperti itu. Terkadang kamu merasakan kebahagiaan, namun tak jarang juga masalah datang kepadamu.
Setiap detik kamu bernapas. 
Setiap menit kamu hidup. 
Setiap jam kamu menjalani kehidupan ini. 
Setiap hari kamu belajar dan bekerja. 
Setiap minggu kamu menemukan pengalaman yang baru. 
Setiap bulan kamu mendapatkan ujian hidup. 
Setiap tahun kamu menemukan kesadaran untuk membuat hidup kamu menjadi lebih baik lagi.
Tentu saja semua itu memberikan kamu sebuah kisah suka maupun duka dalam hati kamu. Semua itu menumbuhkan harapan dan impian dalam hati kamu untuk membuat hidupmu lebih baik lagi. 
Semua itu dapat kamu tulis dan sebarkan kepada orang lain sebagai pembelajaran hidup yang bermanfaat bagi orang banyak.
Setinggi-tingginya ilmu yang kamu miliki, seluas-luasnya pengalaman yang kamu rasakan, jika kamu tidak menulis maka semua itu akan hilang begitu saja dari sejarah.
 Dengan kata lain, menulis merupakan proses mengabadikan ilmu dan pengalaman hidup yang kamu punya. Itulah yang dapat kamu tangkap dari ungkapan Pramudya Ananta Noer.
“Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah”
Tahukah kamu akan sosok Nick Vujicic, seorang motivator yang berasal dari Australia?
Dia memiliki segala keterbatasan, namun ia mampu melakukan sesuatu yang tidak terbatas. Dia lahir tanpa kaki dan tungkai, tetapi ia sanggup menaklukkan dunia. 
Berikut ini adalah perkataan beliau.
“Kehidupanku adalah sebuah kesaksian tentang kenyataan bahwa kita tidak memiliki batasan kecuali batasan yang kita buat sendiri. Hidup tanpa batas berarti mengetahui bahwa kamu selalu memiliki sesuatu untuk diberikan, sesuatu yang mungkin bisa meringankan beban orang lain.”
Nickolas yang tanpa lengan dan tungkai saja bisa menulis, mengapa Kamu tidak ?

Apa manfaat dari menulis ?

Pernahkah kamu merasakan sesuatu yang meletup-letup atau menggelora di dalam hati kamu setelah membaca sebuah buku ? 
Ada suatu keinginan dalam diri kamu untuk membuat hidup kamu menjadi lebih baik lagi. Itulah yang dinamakan katarsis. 
Katarsis adalah efek bagi pembaca yang telah berhasil membaca, menangkap, dan memaknai sebuah tulisan. Jika kamu berhasil membuat orang yang membaca tulisan kamu seperti gambaran tersebut, maka kamu adalah penulis yang baik. 
Kamu telah memberikan sesuatu yang mungkin sangat bermanfaat bagi seseorang. Tentu saja hal itu menambah amal (bagi umat muslim) dan ibadah kamu.
Selain itu, menulis juga dapat menjadi terapi bagi kesehatan psikologi kamu. 
Ketika kamu sedang jatuh cinta, tentu kamu merasakan rindu. Apalagi jika ternyata kekasihmu tidak berada di sampingmu. 
Dengan menulis sebuah surat cinta, kamu akan menuangkan semua rasa rindu yang kamu rasakan ke dalam sebuah kertas putih. 
Maka dengan begitu, rasa rindumu akan terobati.
Dengan menulis, kamu juga diajarkan untuk berkreasi, berimajinasi, menata diri, dan menalarkan pikiran sehingga menjadi sistematik. Ketika tiba-tiba kamu diminta untuk berbicara di depan umum, maka setiap perkataan yang kamu keluarkan akan tersusun secara runtut. Kebiasaan kamu menulis membuat pikiran kamu bekerja secara sistematik.

Apa yang bisa kamu tulis ?

Seorang dosen yang baru saja masuk ke ruang kuliah menggeser, memindahkan, dan memutar-mutarkan sebuah kursi ke tengah kelas. “Tulislah apa yang kalian pikirkan tentang kursi tersebut!” perintah sang dosen kepada seluruh mahasiswa di kelas itu. Lima belas menit kemudian, sang dosen bertanya,”Siapa yang menulis tentang deskripsi kursi tersebut?” Hampir semua mengangkat tangan terkecuali lima mahasiswa. Nah, tulisan merekalah yang lebih berarti, bermakna, dan lebih bernilai daripada tulisan yang lainnya.
Apakah yang mereka tulis ?
Mereka menulis tentang kursi sebagai lambang kekuasaan, lambang kehidupan, lambang persahabatan, lambang amal kebaikan, dan lambang kesehatan. 
Imajinasi mereka berkembang dengan sangat baik. Itulah yang terpenting dalam sebuah tulisan. 
Tulisan adalah dunia sendiri : antara kenyataan dan imajinasi.
Ide itu seperti udara yang kita hirup sehari-hari. 
Mereka tersedia kapan pun dan dimana pun. 
Tinggal kepekaan kamu saja bagaimana menangkap ide-ide tersebut dan menuangkannya ke dalam sebuah tulisan. Ide itu bertebaran dimana-mana, jadi marilah menulis apapun juga tentang alam yang kita cintai ini.
Kamu dapat menulis tentang rasa cintamu kepada sang pencipta, atau keindahan alam tempat tinggalmu, atau masalah-masalah yang kamu hadapi. 
Kamu juga bisa menulis tentang keanekaragaman budaya di Indonesia atau mungkin kehidupan anak-anak jalanan yang terlantar, tunawisma, dll.
Menulis pengalamanmu sendiri merupakan tahap awal yang bisa kamu lakukan. Kamulah pelakunya, kamu yang mengalami, kamu yang tahu persoalan yang kamu hadapi. Kamu tahu suka dan dukanya, kamu yang tahu bagaimana awal dan akhir kisah hidupmu. Kamu juga yang tahu makna apa yang bisa kamu petik dari masalah hidupmu itu.
Apabila kamu menuangkannya dalam sebuah tulisan, maka tulisan itu akan menjadi kisah yang hidup dan inspiratif.

Apakah menjadi seorang penulis bisa terkenal ?

Kekuatan kata sanggup mengubah hidup banyak orang. Melalui kata-kata motivasi, Mario Teguh, seorang motivator asal Indonesia menjadi public figure dan terkenal. Kata-katanya dikutip oleh banyak orang dan menjadi kata-kata penyemangat hidup mereka.
Nick Vujicic, seorang motivator kelas internasional, sanggup menjadi penggugah semangat banyak orang melalui kata-kata bijaknya dan ia menjadi terkenal ke seluruh dunia.
Miyuki Inoue juga demikian, menjadi terkenal karena pengalaman hidup yang ia abadikan kedalam beberapa buku. Dengan menjadi penulis yang sukses, maka kamu akan sering menerima undangan dalam berbagai acara, lokakarya, dan seminar, baik dari dalam maupun luar negeri. Dengan menjadi penulis, kita pun diundang menjadi narasumber atau ahli bahasa dalam berbagai kegiatan kepenulisan.
Jadi, apalagi yang kamu tunggu? Mari mulai menulis dan bermimpilah menjadi penulis yang sukses!

Apakah menjadi penulis bisa kaya ?

Harry Potter! Ketika mendengar nama itu, pernahkah kamu membayangkan berapa royalti yang diterima oleh penulisnya? J.K. Rowling, penulis asal Inggris ini mendapat gelar sebagai penulis terkaya di dunia. Dialah pencipta seri Harry Potter yang diadptasi menjadi sebuah film. Pada tahun 2007, Harry Potter and The Deathly Hallows, menjadi buku paling cepat terjual sepanjang masa; 15 juta kopi terjual hanya dalam waktu 24 jam.
Sastrawan lain, Stephen King, adalah nama penulis yang terkenal karena memiliki biografi yang sangat luas yang banyak menerima penghormatan dari kalangan sastra. Novel-novelnya pada umumnya bergenre horror, fiksi ilmiah, dan fantasi seperti Carrie, Salem’s Lot, The Shining, dan Pet Sematary. Novel The Dark Tower merupakan salah satu yang paling terkenal dan dianggap sebagai hasil kerja terbaik Stephen King.
Twilight adalah film romantis yang mengisahkan cinta seorang vampir kepada manusia. Ternyata sekuel film Twilight, New Moon, Eclipse, dan Breaking Dawn merupakan adaptasi dari novel karya Stephenie Meyer.
Tahukah kamu bahwa pada awalnya Stephenie menulis konsep Twilight hanya untuk bersenang-senang? Namun, adiknya mendorong ia untuk mengirimkan tulisannya ke penerbit. Sejak itulah, karyanya diangkat ke layar lebar dan Stephenie menjadi penulis yang hebat dan kaya raya.
Andrea Hirata. Ya, dia adalah penulis best seller yang sukses dengan Laskar Pelangi dan beberapa buku lainnya seperti Sang Pemimpi dan Maryamah Karpov. Tahukah kamu bahwa Andrea telah menjual lebih dari 600.000 kopi bukunya dengan total keuntungan lebih dari Rp 3,6 miliar saja dalam satu judul Laskar Pelangi? Belum lagi ditambah dengan buku-buku best seller lain yang ia buat. Bonus tambahannya, dia menjual karyanya untuk difilmkan, yaitu Laskar Pelangi dan Laskar Pemimpi.
Raditya Dika memulai kariernya sebagai seorang blogger dan berhasil menempatkan dirinya sebagai penulis yang kaya di Indonesia lewat novel Kambing Jantan yang fenomenal. Buku-bukunya telah menjadi favorit di kalangan remaja. Ia mendapatkan lebih dari Rp 500 juta keuntungan pribadi yang membuat pria ini menjadi penulis muda yang kaya. Ia pun menjadi artis yang sukses dengan beberapa iklan dan tampil dalam berbagai acara televisi.
Sumber : Buku 99 Cara Mudah Menjadi Penulis Kreatif

Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Inilah Tips Paling Ampuh Tentang Cara Memotivasi Diri Kamu Untuk Mulai Menulis"

Posting Komentar